Mengatasi Modem USB Tidak Terdeteksi Pada Manjaro Linux

Hallo semuanya!

Apa kabar? Sudah lama sekali sejak saat terakhir kali saya mengupdate blog ini. Yah, belakangan ini banyak sekali hal yang harus saya lakukan sehingga membuat saya tidak sempat untuk mengupdate blog ini, dan begitu ada kesempatan untuk update malah tidak ada ide untuk diwujudkan kedalam suatu postingan untuk blog ini.:mrgreen: *alasan*

Oke, karena ini adalah liburan semester dan tahun baru saya akhirnya memiliki kesemptaan untuk mengupdtae blog ini. Oke, kali ini saya akan berbagi mengenai trik bagaimana untuk mengatasi modem USB yang tidak terdeteksi di Manjaro Linux. Oh iya, sebelumnya karena Manjaro Linux merupakan turunan dari Arch Linux, maka trik ini juga bisa dilakukan pada Arch Linux dan turunannya yang lain.:mrgreen:

Oke, jadi begini cerita awalnya, semuanya bermula sekitar dua bulan yang lalu ketika saya memutuskan untuk mencoba menginstall Manjaro Linux di Laptop saya, Manaro Linux sendiri merupakan distro Linux Arch Based pertma yang pernah saya gunakan. Proses instalasi berjala lancar, hingga saat saya mencoba menghubungkan laptop saya ke internet menggunakan modem USB, ternyata modem Huawei K3565 yang saya miliki tidak terdetesi di Manjaro Linux. Hal ini cukup mengagetkan saya mengingat bahwa Modem USB dengan merk Huawei, ZTE, D-Link, dsb. merupakan modem yang didukung oleh sistem lInux dan bisa langsung digunakan.๐Ÿ™‚

Nah, pada umumnya di distro linux lain yang sebelumnya pernah saya gunakan seperti Ubuntu, Fedora, OpenSuse, Puppy, dll. ketika kita menancapkan Modem USB ke port USB pada komputer yang telah terinstall sistem operasi Linux secara otomatis akan terdeteksi, dan apabila kita mengklik icon Network Manager pada system tray pertama kali maka akan muncul tulisan atau opsi “New Mobile Broadband Connection” untuk membuat konfigurasi koneksi mobile broadband sesuai operator yang kita gunakan. Namun, ketika pertama kali saya menancapkan Modem USB saya pada laptop saya setelah terinstall Manjaro Linux opsi tersebut tidak muncul pada network manager. Akhirnya setelah berguru pada Mbah Google saya mendapatkan ilmu untuk mengatasinya,๐Ÿ˜Ž berikut adalah langkahnya.:mrgreen:

  1. Buka terminal
  2. Ketikkan perintah :~$ sudo systemctl enable NetworkManager.service
  3. Tutup terminal, kemudian restart komputer anda.
  4. Selesai,

Nah, itu dia langkah-langkahnya. Sekarang Modem USB anda telah siap untuk digunakan di Manjaro Linux atau sistem operasi Linux berbasis Arch lain yang anda miliki. ย  Mudah bukan?๐Ÿ˜€

Sedikit tambahan, bahwa tidak semua modem telah didukung oleh sistem operasi Linux, jadi mungkin saja teknik ini gagal. Jika hal itu terjadi mungkin anda bisa menggunakan cara lain seperti menggunakan sakis3g. Apabila anda ingin mengetahui daftar modem yang kompatibel dengan Linux, silahkan klik disini.๐Ÿ™‚

Oke, itu dia sedikit tips dari saya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf atas segala kekurangan dalam penulisan posting kali ini. Terimakasih atas waktu dan kunjungan anda di blog ini.๐Ÿ˜€

Tinggalkan Balasan

