Mengembalikan Konfigurasi Default Tampilan Desktop KDE

Hallo kawan, kali ini saya akan memberikan suatu hal yang sebenarnya menjadi tujuan utama blog ini namun selalu terkendala dengan cerita abal-abal saya yang lainnya. Kali ini saya akan memberikan tutorial mudah yang mungkin bisa anda lakukan jika mengalami masalah dengan desktop KDE anda. Tekhnik yang akan saya bagikan kali ini adalah dengan meremove konfigurasi yang sudah kita lakukan terhadap tampilan desktop KDE kita meliputi widget yg  dipasang, wallpaper, layout desktop yang anda gunakan (seperti “Folder View”, Default Desktop, Newspaper Layout, dsb), dan konfigurasi lainnya.

Saya mendapatkan tutorial ini ketika saya mengalamimasalah setelah meng-upgrade KDE 4.9 saya menjadi KDE 4.10, waktu itu saya menemukan layout desktop baru yaitu applets strip. Karna penasaran yaudah langsung saya install saja. Dan hasilnya, saya mengalami masalah seperti ini :

problem1

Desktop Applets Strip Error

Seperti yang anda lihat, ketika saya ingin mengembalikan desktop saya seperti semula pilihan konfigurasi desktop applets strip tidak tersedia. Karna merasa sangat tidak nyaman dengan kondisi desktop seperti ini saya pun langsung tanya ke komunitas KDE di G+, akhirnya saya pun mendapatkan solusi berikut :

  • Langkah ini adalah dengan cara mengembalikan konfigurasi desktop KDE anda ke pengaturan awal, atau bisa kita sebut juga dengan mem-backup nya.
  • Yang perlu anda lakukan adalah membuka dolphin.
  • Buka direktori home, tekan ‘Alt+.” untuk menampilkan direktori atau folder yang tersembunyi.
  • buka direktori “~/.kde/share/config/plasma”
  • file yang perlu di backup adalah : plasma-desktop-appletsrc, plasma-desktoprc, dan plasmarc :
File yang akan di backup

File yang akan di backup

 

ss6

ketiga file yang telah di backup

 

  • Rename ketiga file tersebut dengan menambahkan dengan menambahkan ekstensi “.backup” di belakang nama file, contohnya seperti : “plasmarc.backup”
  • Simpan, dan tutup dolphin.
  • Restrart, atau log-out terlebih dahulu. Jika sudah maka hasilnya akan seperti ini, tralalaaaaa………  :D

 

ss3

Kembali seperti semula seperti baru di install

  • Langkah terakhir, yang ini boleh anda lakukan boleh tidak, yaitu mengkonfigurasi tampilan desktop sesuai keinginan anda.:mrgreen:

Oke, sekian tutorial abal-abal dari saya. Semoga bermanfaat bagi anda. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata-kata dari saya, dan terimakasih atas waktu yang anda luangkan untuk membaca blog ini.:mrgreen:.

 

5 comments

  1. Dunia Ely · Maret 9, 2013

    Wah .. aku msh gaptek soal beginian😳

    • sfirsttama · Maret 9, 2013

      heehee… saya juga kadang2 juga msh bngung dan prlu blajar, juga msh btuh bantuan org lain kok,. semuanya kan perlu proses untuk belajar..😀

  2. Dunia Ely · Maret 9, 2013

    iya bener, semua sebenarnya bisa dipelajari kalau ada niat dan kemauan ya🙂

    • sfirsttama · Maret 9, 2013

      benar sekali,. dan masing2 org kan juga punya minat tersendiri, dan mmg ini lah minat saya…😀

  3. frsyudahap · Juni 1, 2015

    Reblogged this on Frs Yuda Ha P.

Tinggalkan Balasan

