Akhirnya Netrunner 12.12.1 Dryland Third Edition (Review by Tama)

Netrunner Logo

Hallo semuanya, kali ini saya kembali lagi. Dan sesuai dari judul dari artikel ini, saya akan memberikan review abal-abal ala Septian Adhi Tama terhadap Netrunner 12.12.1 Dryland Third Edition. Yah, meskipun agak telat, mengingat Dryland Third Edition ini dirilis 23 Januari yang lalu😦. Setelah dengan penuh perjuangan dan semangat dalam mendownload installer berupa ISO file nya yang berukuran sekitar 1,5 GB. Langsung deh begitu dapat saya install, Alhamdulillah proses instalasi berlangsung cepat sekitar 15-20 menit. :) Akhirnya operating system berbasis Linux Kubuntu dengan Desktop Enviroment ini berhasil terinstall dengan lancar di laptop ASUS K42JC saya😀. Betapa bahagianya saya ketika berhasil kembali bersama cinta lama saya yang sudah sekitar satu tahun tepatnya sejak rilis Dryland First Edition atau Netrunner 4 tidak saya ikuti perkembangannya.

Oke, Netrunner Dryland Third Edition ini menggunakan kernel Linux 3.5.0, dengan Desktop Enviroment KDE versi 4.9.4. Untuk performanya memang cukup memakan resource, tapi tetap lancar dan nyaman digunakan. Selain itu Netrunner adalah distro yang bersifat “out of the box”, sehingga anda tidak perlu lagi menginstall codec multimedia. Browser Mozilla Firefoxnya juga telah dilengkapi dengan beberapa add-ons termasuk flash plug-in, java plugin, download helper, dsb. Mudah dan gak ribet. Distro ini benar-benar siap pakai.🙂

Nah, bagian yang merupakan keunggulan dari Netrunner ini adalah tampilannya. Tidak diragukan lagi bahwa desktop KDE memang memiliki tampilan yang cantik dan user friendly. Untuk Desktop Theme defaultnya versi kali ini menggunakan tema NRNaked. Sesuai dengan namanya tema Desktop ini memiliki tampilan yang transparan, bahkan bagian panel bawah terlihat sepetri tanpa panel dan icon-icon pada panel seolah-olah menempel langsung dengan wallpapernya. Widget yang dipasangpun terlihat seperti benar-benar telanjang. Tampilan desktop KDE yang cantik ditambah dengan koleksi wallpaper bawaan Netrunner yang keren menurut saya semakin menambah kesan elegannya.

Untuk tampilan desktop KDE, Netrunner versi ini memiliki 4 mode, yaitu : Default Desktop, Newspaper Layout, Folder View, dan KDE Homerun. Ya, tidak seperti distro dengan desktop enviroment KDE yang lainnya, Netrunner tidak menyertakan mode Search and Launch Desktop. Namun pada versi kali ini Netrunner menyertakan mode KDE Homerun yang hampir mirip, namun lebih keren dan kaya fitur menurut saya. KDE Homerun sendiri terdiri dari desktop mode, dan widget berupa launcher.

Dengan dektop enviroment KDE, tampilan Netrunner juga sangat mudah untuk di modifikasi atau kustomisasi sesuka hati anda. Efek-efek sampai saat ini juga saya rasa berjalan dengan mulus.

KDE Homerun

KDE Homerun,

tomahawk4

Folder View Desktop

Oke, kali ini kita bahas mengenai aplikasi dari Netrunner Dryland Third Edition ini. Netrunner menurut saya adalah distro yang sangat cocok bagi anda yang hobi online facebook, twitter, Gmail, dsb. Kenapa? Karena Netrunner memiliki integrasi web yang baik, ada banyak web-apps yang telah disediakan oleh Netrunner. Netrunner juga mendukund cloud-computing atau media penyimpanan online. Ada beberapa aplikasi cloud yang telah disertakan seperti Dropbox, OwnCloud, dan Runners-id (Cloud dari Netrunner). Anda juga dapat mengatur akun online anda dengan mudah menggunakan aplikasi Web Accounts dari Netrunner juga.

Yang menarik perhatian saya adalah dengan munculnya web-apps berupa game online “Cut the Rope”, lumayan untuk mengisi waktu luang.:mrgreen: Juga ada Web-Apps JacknJoe untuk mencari dan menginstall aplikasi dan games.

Untuk hiburan, Netrunner Dryland Third Edition telah menyediakan 18 game ringan. Semacam frozen buble, KMinesweeper, KMahjong, Chess, KSudoku, KSnake,  dll.:mrgreen: Anda juga dapat menginstall aplikasi Windows karena telah disediakan Wine Emulator versi 1.5

Web Accounts Application

Web Accounts Application

Netrunner's Web-Apps Collection

Netrunner’s Web-Apps Collection

Cut The Rope :mrgreen:

Cut The Rope:mrgreen:

Netrunner Dryland Third Edition ini juga menyediakan secara default berbagai aplikasi yang dapat mendukung anda dalam meningkatakan kreativitas anda seperti GIMP 2.8, aplikasi vector drawing Inkscape, Krita, video editor KDEnlive, dan yang lainnya yang bisa anda install melalui synaptic package manager, atau muon package manager.

Untuk multimedia applications, ada VLC media player untuk memutar segala file multimedia baik video maupun audio. Sedangkan untuk music playernya tidak seperti distro dengan dekstop enviroment KDE lainnya yang menggunakan Amarok, Netrunner Dryland Third Edtion ini menggunakan Tomahawk. Jujur saya katakan bahwa menurut saya Tomahawk lebih keren dari segi visual maupun fitur dibandingkan dengan Amarok. Selain tomahawk ada juga mp3 player Qmmp yang simple.

GIMP 2.8

GIMP 2.8

Tomahawk

Tomahawk

Untuk office application nya menggunakan LibreOffice 3.6.2.

Oke, saya kira sekian review abal-abal nan gak jelas dari saya. Mohon untuk dimaklumi, mengingat ini adalah kali pertama saya membuat review tentang operating system.:mrgreen: Kesimpulannya menurut saya, Netrunner Dryland Third Edition ini merupakan operating system yang user friendly, memiliki tampilan yang cantik dan elegant, memiliki integrasi web yang baik, cukup powerfull, praktis dan kaya fitur. Yah, pokoknya ini adalah operating system yang keren dan tidak ada salahnya untuk anda coba.  Untuk keseluruhan, saya berikan operating system ini nilai 92.😀

Nah, bagi anda yang ingin mencoba atau sekedar ingin tahu lebih dalam silahkan klik di situs resmi Netrunner. Sekali lagi saya ucapkanterimakasih atas kunjungannya.:mrgreen:.

KLIK DISINI UNTUK TUTORIAL INSTALASI NETRUNNER DRYLAND THIRD EDITION

Tinggalkan Balasan

