GIMP (GNU Image Manipulation Program) Perangkat Lunak Alternative untuk Adobe Photoshop

GIMP Logo

GIMP 2.8 Screenshot

GIMP (GNU Image Manipulation Program) adalah editor gambar yang dirilis di bawah lisensi GPLv3 sebagai perangkat lunak bebas dan opensource.Versi GIMP telah disesuaikan untuk berbagai sistem operasi termasuk MS Windows, Mac, dan Linux. Perangkat lunak ini bisa menjadi alternatif dari software editing atau manipulasi gambar lainnya seperti Adobe Photoshop. GIMP ini pertama kali dirilis pada tahun 1995, dan versi stabil terakhir adalah GIMP 2.8.

GIMP memiliki berbagai peralatan yang digunakan untuk retouching foto dan mengedit, melukis bebas gambar, mengubah ukuran, cropping, foto-montages, mengkonversi antara format gambar yang berbeda, dan lebih khusus. Gambar animasi seperti GIF dan file MPEG dapat dibuat dengan menggunakan sebuah plugin animasi.

Para pengembang dan pengelola GIMP memiliki visi produk untuk GIMP untuk berusaha menjadi  perangkat lunak grafis untuk mengedit dan penciptaan gambar asli, foto, ikon, unsur-unsur grafis dari halaman web dan seni untuk elemen antarmuka pengguna.

Grafik yang dihasilkan oleh GIMP adalah format (*.XCF)   disimpan dan dapat diekspor ke berbagai format gambar seperti bmp, jpg, gif, pdf, png, svg, tiff, dan masih banyak lagi. Di GIMP Anda juga dapat membuka Anda Adobe Photoshop file project (*. PSD) dan mengeditnya di GIMP.

Ada begitu banyak fitur di GIMP seperti yang disebutkan di atas. Anda juga dapat menambahkan beberapa plugin untuk menambah lebih banyak fitur pada GIMP.

Ok, ini adalah cara bagaimana menginstal GIMP untuk beberapa Sistem Operasi, sebelum memasangnya pastikan bagi anda pengguna linux bahwa repositori Anda diperbarui:

Ubuntu, Debian, Mint: ketik dan jalankan perintah di terminal anda sudo apt-get install gimp
OpenSuse: ketik dan jalankan perintah di terminal anda yast-i gimp atau zypper in gimp
Fedora: ketik dan jalankan perintah di terminal anda yum install gimp
Mandriva: ketik dan jalankan perintah di terminal anda urpmi gimp
Atau jika Anda ingin men-download kode sumber, anda dapat mengunjungi GIMP Downloads.
Untuk pengguna windows, Anda dapat langsung men-download installernya Di Sini.

Ok, saya pikir itu sudah cukup. Jika ada beberapa pertanyaan hanya posting di comments, dan saya akan menjawab jika saya bisa. Dan untuk selanjutnya, saya akan memberi anda plugin Layer Effects pada GIMP dan cara menginstalnya . Terima kasih telah membaca.

One comment

  1. Ping-balik: Cover FB saya | This Is My Expression

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s